Kamis, 18 April 2013

Pola Hidup Sehat



Kata Pengantar
Puji syukur penulis haturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan memberiikan petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah, “Pola Hidup Sehat” ini dapat diselesaikan.
Makalah ini disusun dan dibuat bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam belajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan juga sebagai pemenuhan tugas akhir mata pelajaran.
Makalah ini sangatlah jauh dari kesempurnaan, untuk itu diahrapakan adanya kritikan dan masukan yang bersifat membangun guna melengkapi  makalah yang penulis buat. semoga maklah ini dapat memberikan budi baik bagi kita semua. Amin.





















Kalaukku April  2013


   Penulis

ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, manusia memerlukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat hidup lebih lama dengan sehat dan mandiri. Kehidupan yang lebih baik juga nantinya akan didapat jika manusia mampu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bahan makanan kimia yang dapat merusak fungsi organ tubuh mereka.
Berbicara tentang pola hidup sehat, hal ini tidak hanya memfokuskan pada sumber makanan sehat, namun juga terkait dengan kebiasaan sehat dalam menjalani kehidupan serta tidak kalah penting adalah kepemilikan pola pikir positif. Manusia yang memandang kehidupan dengan lebih optimis, diyakini sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan yang pada akhirnya membebaskan mereka dari beban pikiran yang mungkin dialaminya sehingga mampu menghindarkan penyakit yang biasanya juga disebabkan oleh munculnya beban pikiran, stres, dan kecemasaan dalam kehidupan mereka.
Manusia tentunya disibukkan dengan beragam aktivitas yang merupakan konsekuensi atas pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Aktivitas tersebut beragam, termasuk salah satunya dengan bekerja yang ditujukan untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun terkadang manusia lupa bahwa tubuh pun membutuhkan asupan gizi yang sehat demi menyeimbangkan aktivitas mereka yang sangat padat dan beragam tersebut. Beberapa kebiasaan hidup manusia yang kurang baik juga menjadi pemicu gagalnya pola hidup sehat karena mereka tidak memperhatikan pentingnya asupan tersebut bagi tubuh.
Untuk itu, manusia disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi karena hal itulah yang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih jika badan dalam keadaan capek atau sakit. Untuk mendapatkan makanan bergizi, hal ini tidak berarti harus mengkonsumsi makanan mahal. Makanan yang diperoleh dengan harga terjangkau pun dapat dikategorikan sebagai makanan sehat mengingat makanan tersebut dibuat dari bahan yang tidak banyak menggunakan bahan kimia dan berasal dari tumbuhan segar.

B.     Tujuan Penulisan
Untuk mengkaji dan mengetahui apa sebenarnya sehat itu, mengapa Kesehatan perlu mendapat perhatian khusus, serta bagaimana cara-cara untuk menjadi orang sehat baik jasmani maupun rohani. Kami juga ingin mengetahui manfaat pola hidup sehat bagi kita semua.






1
BAB II
PEMBAHASAN
POLA HIDUP SEHAT
1.1  Pengertian
Pengertian Pola hidup sehat merupakan suatu gaya hidup dengan memperhatikan factor – factor tertentu yang mempengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan berolahraga. Pola hidup sehat ini dapat diterapkan dalam kehidupan seharai –hari.
Pola hidup sehat menyangkut aturan untuk mencapai kesehatan jasmani dan rohani. sebab pengertian pola hidup yang sempurna mencakup aspek keduanya.
      pengertian pola hidup sehat berkaitan dengan suatu pola atau gaya hidup yang diterapkan oleh seseorang dalam kehidupannya. karena disebut sebagai pola hidup sehat, maka pola hidup ini mengutamakan aspek kesehatan dalam penerapannya.

Berikut ini pola – pola hidup sehat baik secara jasmani Maupun rohani.
  1. Pola Hidup Sehat Secara Jasmani

Pola meliputi cara, aturan dan hal yang harus dilaksanakan seseorang dalam rangka mencapai sebuah tujuan. Untuk dapat hidup sehat secara jasmani, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menilik secara fisik bagian dari tubuh yang berkontribusi menyumbang masalah penyakit. Tahukah Anda perut merupakan sumber dari berbagai penyakit?
Perut berawal dari mulut, dan mulut akan terpulang pada pola makan dan kebiasaan Anda memakan makanan. Pola untuk meraih kesehatan jasmani yang pertama adalah dengan mengatur pola makan Anda. Atur dan kontrollah makanan-makanan yang masuk ke dalam mulut Anda. Jangan sembarangan dan jangan berlebihan. Sembarangan artinya Anda harus selektif dengan makanan-makanan berbahaya yang mengandung zat aditif berlebihan.
Tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi suatu makanan. Apapun makanan yang Anda konsumsi, meski tadinya adalah makanan sehat dan bergizi, jika Anda makan dalam jumlah yang berlebihan niscaya akan menimbulkan dampak dan pengaruh buruk bagi tubuh.

  1. Pola Hidup Sehat Menuju Kebahagiaan Rohani
Rohani yang sehat, jiwa yang sehat, hati yang sehat, ruh yang sehat, keempatnya memiliki kedalaman makna yang sama. Kesehatan rohani menyangkut kondisi pikiran, hati dan ketentraman






2
batin. Ada hal sederhana yang mungkin jarang diketahui orang. Sudahkah Anda mempunyai kebiasaan untuk mencek kehalalan makanan yang masuk ke dalam perut Anda? Berhati-hatilah dan waspadalah dengan kehalalan makanan. Sebab ketakhalalan dapat mengantarkan Anda pada penyakit-penyakit rohani maupun jasmani.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang diperoleh seseorang yang telah melakukan dan menerapakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari :
a.       Dapat tidur lebih nyenyak
b.      Dapat bekerja lebih maksimal
c.       Dapat belajar dengan baik
d.      Dapat berpikir sehat dan positif
e.       Merasakan damai,nyaman dan tentram
f.       Memiliki penampilan yang sehat
g.      Mendapatkan kehidupan dan interaksi social yang baik
h.      Lebih percaya diri
i.        Menghemat biaya kesehatan
j.        Terhindar dari penyakit.

2.2 Penerapan Pola Hidup Sehat
Hal yang saya lakukan, seperti menyesuaikan kebiasaan dengan kebutuhan. Misalnya pada kebiasaan makan. Makan makanan sehat dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup. Melakukan pola hidup sehat tidak harus berarti perubahan drastis. Bahkan, perubahan drastis hampir selalu menyebabkan kegagalan untuk memiliki pola makan yang sehat.
Adapun beberapa hal yang saya lakukan ini cukup simpel. Saya hanya perlu melakukan langkah-langkah pokok sebagai berikut:
1. Langkah pertama. Olahraga. Ini adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Jenis olahraga yang kita lakukan untuk membantu pembakaran metabolisme didalam tubuh.
2.Langkah kedua. Melakukan gerakan ringan. Kita dapat mengurangi berat tubuh, tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika kita belum siap untuk melakukan program yang terjadwal, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu. Berikut ini adalah kegiatan untuk melakukan gerakan ringan.

3
> Matikan televisi. Bermainlah bersama teman, keluarga. Aktivitas apa saja daripada duduk terdiam sambil menonton televisi. Saya biasa mengisi waktu bersama teman dengan bermain catur.
> Berjalan-jalan. Setiap hari saya menyempatkan diri untuk berjalan kaki. Tidak peduli berapa lama dan berapa jauh.
> Lakukan kegiatan rumah. Saya melakukan kegiatan dirumah seperti membersihkan lantai rumah, merapikan dan menyapu di kamar.
3. Langkah ketiga. Makan yang cukup. Makan dengan gizi seimbang dan cukup adalah salah satu penunjang untuk hidup sehat. Adapun makanan yang harus ada dalam daftar menu, sebagai berikut:
> Makan lebih banyak buah-buahan. Alhamdulillah, setiap dua hingga satu hari sekali selalu tersedia buah di rumah saya sehingga kebutuhan tubuh saya akan buah dapat terpenuhi.
> Lebih banyak untuk mengkonsumsi sayur-mayur. Sama halnya dengan buah, hampir setiap hari saya mengkonsumsi sayur-mayur.
> makan makanan yang rendah lemak. Seperti mengganti yang manis-manis dengan menggunakan gula rendah kalori. Mengganti susu yang rendah lemak. Menyiapkan makanan pengganti. Maksudnya disini, kita jangan terus menerus mengkonsumsi makanan yang sama. Misalkan, ikan diganti daging, nasi diganti gandum dan begitu pula sebaliknya.
>  minum minimal 4 gelas air setiap hari.
4 Saya  makan sesuai waktunya. Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Saya sendiri tidak pernah melewatkan sarapan atau makan malam karena hal itu justru akan membuat kita lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat.
5. Piih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng. Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.
6. Kurangi  fast food. Makan sekali-sekali boleh, tetapi jaga porsinya dan hindari fast food berukuran besar. Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.
4
7.  Mengemil dengan sehat. Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kita. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.
8.  Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), saya juga makan buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.
9.  Hindari soft drink. Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, bagi saya lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

3.3 Pola Hidup Sehat Menurut Dalam Negeri
Menurut Kotler [2002 p 192] pola hidup sehat adalah gambaran dari aktivitas atau kegiatan kita yang di dukung oleh keinginan dan minat kita dan bagaimana pikiran kita menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan kita. Tentu nya akan hal yang baik baik ya.
Tahukah anda orang orang zaman dahulu sehat sehat, bahkan umur mereka lebih panjang dari pada kita, padahal mereka belum mengerti pola hidup sehat secara alami ataupun hidup yang berkualitas, tapi kenapa mereka tetap sehat sehat saja?. Jawabannya adalah mereka selalu memakan makanan yang masih segar, tanpa pengawet, tanpa zat zat kmia yang terkandung di dalamnya. Mereka juga tidak pernah mengkonsumsi makanan siap saji yang banyak mengandung zat zat kimia yang perlahan lahan mengikis kesehatan seperti kita.
Berbeda dengan kita, kita terkadang terlalu sibuk dengan pekerjaan, lupa waktu akan makan, selain tidak teratur kita terkadang cenderung mengkonsumsi makanan siap saji, tidur larut malam, meminum suplemen penambah energi, mengkonsumsi zat zat kimia. Dan tak jarang banyak diantara kita yang meninggal usia muda, baik itu terkena komplikasi penyakit, seperti sakit jantung, sakit kanker, sakit stroke, darah tinggi, dan diabetes.
Hal yang fatal dari Negara kita adalah rata – rata Pola hidup masyrakat membudayakan Pola makan modern. Pola makan modern merupakan pemicu utama timbulnya penyakit degeneratif. Beberapa pola makan modern yang tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat antara lain terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak serta kurang mengonsumsi serat dan sering memakan makanan cepat saji (fast food)
5
yang banyak mengandung pengawet, penyedap rasa, lemak, dan kalori kosong. Selain itu juga kebiasaan ngemil berlebihan. Selain mengemil, merokok juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan para remaja. Karena di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
Dan menurut data WHO 70 % kematian masyarakat dunia akibat penyakit tersebut.
Nah dari situlah kita sangat perlu melakukansepenuhnya pengertian pola hidup sehat agar kita tetap bisa mencegah hal hal buruk dari gaya hidup buruk, yang merusak kesehatan dan hak untuk sehat.
4.4 Pola Hidup Sehat Menurut Luar Negeri  
“Rata-rata pola hidup sehat di Negara Luar memang berbeda dengan Negara kita dan Memang kalau diterapkan di sini agak sulit karena perbedaan gaya hidup dan kultur,” sebagai  contoh Negara Jepang makanan seafood seperti ikan itu segar karena dimasak saat ingin dimakan, bukan yang sudah disimpan lama,”
kemudian untuk sayu mayur, mereka  memasak hanya setengah matang dengan tujuan untuk tidak mengurangi vitamin yang ada dalam sayur tersebut dan mereka memasaknya saat ingin dimakan, bukan yang sudah disimpan lama.
sedangkan untuk kebugaran jasmani itu sendiri, rahasia kebugaran orang Jepang mungkin juga kibat seringnya mereka berjalan kaki atau bersepeda dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Apalagi, polusi udara di negara tersebut juga relatif rendah. Makan makanan cepat saji (junk food) juga jarang mereka lakukan. “

     
















6
Dampak Buruk Pola Hidup Tidak Sehat bagi Remaja

Pola hidup tidak sehat tentunya membawa dampak buruk bagi kehidupan remaja. Tidak hanya pola makan yang menjadi penyebab dampak buruk hidup tidak sehat. Ada beberapa faktor-faktor lain, yaitu :
1.      Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Infobesitas, kebanyakan informasi menjadikan remaja stress. Bukan kelebihan lemak di badan, atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas, tapi sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru. Keluhan dari orang yang terkena dampak kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita dapat membuat  badan letih, kurang tidur, masalah konsentrasi. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.
2.      Kecanduan Internet : penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Remaja mencari sendiri segala informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter  dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-juta. Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka. Sehingga bisa menghilangkan kosentrasi untuk kegiatan lain dan bisa membuat mata seseorang kelelahan, hingga mengakibatkan kelainan pada mata seseorang.
3.      Stress : ditambah lagi dengan HP yang dilengkapi sarana internet. Sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stress.
4.      Pengawasan : kurangnya pengawasan dari orang tua, membuat pening, sementara orang-orang dewa kecanduan games pada remaja. Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stress info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi yang terganggu.











7
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Bagaimana menjaga agar kondisi jasmani dan rohani Anda senantiasa sehat? Pengertian hidup sehat mencakup aturan dan pola seseorang untuk menjalankan hidup ini dengan cara proporsional dan terkontrol. Pola tersebutlah yang akan membuat orang menjadi sehat. Untuk sehat butuh aturan, jika hidup tanpa aturan maka akan muncullah kehidupan yang serampangan. Bukan hanya kesehatan fisik yang akan terganggu, namun lebih berbahaya lagi jika menyangkut kesehatan jiwa.

Kesehatan amatlah penting untuk meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat mereka memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Pengertian hidup sehat ini menjadi cara seseorang untuk menuju kebahagiaan hidup.

Bayangkan saja, jika Anda mempunyai segudang kekayaan dan dikelilingi orang-orang tercinta di sekitar Anda, akan tetapi Anda dalam keadaan stres atau terbaring di rumah sakit, apakah Anda akan merasakan kebahagiaan secara sempurna.

B.     Saran
Pola hidup sehat harus diterapkan oleh para remaja mulai dini agar di masa depan mereka tidak divonis menderita penyakit yang sulit disembuhkan.
Perlunya pengawasan dari orang tua agar para remaja tidak mengonsumsi makanan berpengawet dan cepat saji secara berlebihan. Membatasi penggunaan internet bagi para remaja.
Kesadaran dini dari para remaja tentang kesehatan diri mereka sendiri perlu ditumbuhkan oleh orang tua, guru, maupun pemerintah.






8
DAFTAR PUSTAKA
2.   http://gayahidupsehat.net/
3.   http://mediaindonesia.com/mediahidupsehat
4.   http://www.tipskesehatankeluarga.com
5.   http://www.polahidupsehat.org/pola-hidup-sehat.html
6.   http://www.anneahira.com/anemia-pada-remaja.htm

























9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar